123 Street, NYC, US 0123456789 info@example.com

Update

Alami 4 Hal Aneh Itu di WhatsApp? Tanda Akun Anda Dibajak

WHATSAPP adalah aplikasi pesan singkat yang paling banyak digunakan pengguna telepon berpengetahuan di dunia. Selain mudah-mudahan digunakan, WA juga mempunyai banyak fitur unggulan. Akan tetapi para pengguna mesti bertambah waspada, sebab akhir-akhir itu banyak tindak kejahatan pembajakan akun WhatsApp.

Modus paling banyak dikerjakan pembajak adalah mencuri one time password (OTP) akun WhatsApp targetnya. OTP tersebut biasanya dikirim pihak WhatsApp ke pesan singkat (SMS), dan pelaku biasanya mengontak nomor telepon targetnya buat menipu hingga mendapatkan OTP tersebut.

Baca juga: WhatsApp Dikabarkan Ubah Pengaturan Privasi Diam-Diam 

Umumnya akun WhatsApp yang dibajak tidak bisa digunakan pemiliknya. Jika pemilik telanjur memberikan kode OTP tersebut dan ragu apakah akun teretas atau masih aman, bisa simak tanda-tanda berikut ini, seperti dirangkum sejak unggahan akun Instagram Siber Polri @ccicpolri, Selasa (25/5/2021).

WhatsApp. (Foto: Pixabay)

1. Akun mendadak logout

Akun pengguna mendadak logout atau keluar dengan sendirinya dibanding aplikasi WhatsApp.

2. Pesan terbaca tunggal

Pesan terbaca dengan sendirinya, meski pengguna belum pernah membukanya.

Baca juga: WhatsApp Akan Sediakan “Backup” Terenkripsi 

3. Ada perintah terkirim tanpa diketahui

Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna. Jika pemakai merasa tidak pernah mengirim pesan kepada orang yang bersangkutan, maka patut dicurigai seseorang telah meretas akun WhatsApp Anda.

4. WhatsApp Web mendadak rajin

WhatsApp Web tiba-tiba aktif. Untuk mengecek apakah orang asing menggunakan akun WhatsApp Anda atau tidak, klik tanda tiga titik di kanan atas tampilan aplikasi WhatsApp, kemudian pilih WhatsApp Web.

(han)