Update

Android 12 Dipamerkan Malam Tersebut, Berikut Bocoran Fitur-Fitur Terbarunya

MOUNTAIN VIEW – Google akan menghadirkan bentuk operasi versi terbarunya, yakni Android 12. Sejak diperkenalkan Februari 2021 lalu, rencananya malam ini akan formal diluncurkan. Seperti apa fitur-fitur terbarnya?

Versi final dari Android 12 rencananya akan bisa dipandang dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O, yang terselenggara selama 18-20 Mei 2021.

Berikut itu bocoran fitur-fitur yang bakal hadir di Android 12, dilansir dari Cnet, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga:   Bersiaplah, Ini 3 Hal Baru yang Hidup di Android 12

Mengucapkan Juga:     Android 12 Hendak Mudahkan Penggunanya Instal Aplikasi dari Pihak Ketiga

Sifat Privasi Aplikasi

Dengan Android 12, Google menambahkan beberapa fitur privasi baru pada pelaksanaan agar lebih transparan dan kontrol baru.

Satu diantara pembaruan memberikan bertambah banyak informasi tentang dengan jalan apa cookie dapat digunakan di seluruh situs. Perubahan asing adalah mengekspor informasi di aplikasi yang dapat mencegahnya mengekspor aktivitas, layanan, & penerima secara tidak berniat.

Desain Baru Notifikasi

Google mengubah desain pemberitahuan agar lebih modern dan fungsional. Saat mengetuk pemberitahuan, akan membawa langsung ke aplikasi atau kesibukan yang ingin dilakukan.

Cara kerjanya bukannya melalui layanan perantara untuk memulai tindakan itu. Sifat ini seharusnya membuat semuanya berjalan lebih cepat.

Android 12 serupa mendapat tombol baru yang memungkinkan pengguna menunda pemberitahuan yang tidak penting, dan memilih berapa lama buat melakukannya.

Pemakai juga dapat mengaktifkan status pemberitahuan adaptif untuk menguatkan Android mengatur ulang pemberitahuan, berdasarkan cara bekerja secara aplikasi yang berbeda, dan mengatur ulang peringkat kalau tidak menyukainya.

Opsi Ketuk Perut Kala

Fitur baru lainnya memungkinkan pengguna mengetuk bagian belakang ponsel Android beberapa kala untuk memicu tindakan dengan dipilih.

Setelah mengaktifkannya di pengaturan, pengguba akan melihat daftar tindakan yang dapat diatur, sesuai mengambil tangkapan layar, memutar dan menjeda media atau meluncurkan Asisten Google.

Mode Kepala Tangan

Android 12 tampaknya mendaftarkan beberapa perubahan desain dengan memudahkan pengoperasian ponsel Android dengan satu tangan serta ibu jari.

Pengembang XDA mencatat, bahwa UI pengaturan yang diperbarui memindahkan kolon Pencarian ke bagian bawah layar untuk akses satu tangan yang lebih mudah.

Ada juga fitur baru yang disebut “silky home” yang membuat seluruh antarmuka lebih cocok untuk penggunaan satu tangan.