Belajar Baru Ungkap Venus Memiliki Gunung Berapi Aktif

Update

Belajar Baru Ungkap Venus Memiliki Gunung Berapi Aktif

JAKARTA – Studi baru menemukan kalau setidaknya 37 coronae di Venus memunculkan aktivitas geologis baru-baru ini. Para ilmuwan sudah lama keahlian bahwa Venus tetap aktif sesuai planet berbatu lainnya.

“Ini adalah pertama kalinya kami dapat menunjuk ke struktur tertentu dan berkata, ‘Lihat, tersebut bukan gunung berapi purba tetapi yang aktif hari ini – aktif, mungkin, tetapi tidak tewas, ‘” rekan penulis studi Laurent Montési, seorang profesor geologi di University of Maryland, dikutip Space .

Menurutnya, dari studi ini dengan signifikan mengubah pandangan tentang Venus dari planet yang sebagian besar tidak aktif menjadi planet rajin dengan banyak gunung berapi rajin. Baru-baru ini terlihat bukti bahwa denyut vulkanik Venus masih berlanjut sebab sejarah planet bahkan mungkin datang hari ini.

 
Baca juga:   Gempa Bumi sebagai Salah Satu Bukti Kiamat Dijelaskan Alquran dan Ilmu

Para peneliti, dengan dipimpin oleh ahli geofisika Anna Gülcher dari ETH Zürich di Swiss, menggunakan simulasi komputer buat memodelkan secara rinci dari sebelum pembentukan dan evolusi struktur vulkanik berbentuk cincin Venus, yang dikenal coronae.

Lalu tim menggunakan pengetahuan ini buat memburu korona muda dalam penampakan permukaan Venus yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa seperti analisis NASA Magellan, yang mengorbit satelit Venus dari 1990 hingga 1994.

“Peningkatan posisi realisme dalam model-model ini dipadankan penelitian sebelumnya memungkinkan untuk mengidentifikasi beberapa tahap dalam evolusi korona dan menentukan fitur geologi diagnostik yang hanya ada pada korona yang saat ini aktif, ” kata Montési.

Korona Venus dihasilkan oleh gumpalan batuan cair yang naik sebab mantel melalui kerak, proses yang mirip dengan proses pembentukan Kepulauan hawaii di Bumi. Namun, sebagian besar vulkanisme planet Bumi terjadi di sepanjang batas lempeng tektonik, yang tampaknya tidak dimiliki Venus modern.

(ahl)

Loading…