123 Street, NYC, US 0123456789 info@example.com

Update

Cara Jaga Kesehatan Mental pada Era Digital, Psikolog: Bijak saat Bermain Medsos

JALAN sosial sudah menjadi bagian dari kesibukan sehari-hari di zaman serba digital seperti sekarang. Sekalipun membuat komunikasi dan bersosial lebih mudah, namun tak jarang, era digital juga membawa dampak negatif tersisih.

Salah utama contohnya saja cyber bullying yang marak terjadi dan dapat menimpa siapa pun, termasuk kaum selebriti tenggat influencer. Tentu, dalam wujud apapun, bullying bisa besar terhadap kesehatan mental.

main medsos

Lantas, bagaimana sih cara menjaga kesehatan mental di era digital seperti saat ini? Psikolog Klinis Meity Arianty memberikan beberapa tipsnya. Lengah satu kuncinya adalah, bijak dalam menggunakan media baik.

“Saring apa yang Anda lihat, saring apa yang Anda dengar dan terutama saring sektarian Anda. Ingat, bahwa pada media sosial itu lebih banyak khayalan (tidak nyata) dan hanya sedikit kesahan. Jadi, pilah-pilah dan batasi diri Anda melihat sosial media, ” kata Meity, Senin (6/9/2021).

Lebih lanjut, Anda disarankan juga untuk dapat mengontrol atau menyortir apa yang ingin Anda lihat dan tidak. Lalu, bijak juga dalam menerima segala data yang ada di jalan sosial.

“Bijaklah menggunakan media sosial serta sering-sering menyortir apa dengan sudah Anda terima dibanding media sosial, agar dengan masuk ke dalam sektarian dan perasaan Anda cuma yang baik serta membangun, ” jelas dia.

Kemudian, terakhir, fokus dengan kehidupan Anda pada dunia nyata, sehingga pendirian tidak tersalurkan ke hal-hal yang negatif di media sosial. “Ingatlah bahwa, tumbuh Anda adalah yang Anda jalani saat ini, jadi fokus pada yang nyata-nyata saja, ” kata Meity.

(DRM)