123 Street, NYC, US 0123456789 info@example.com

Daftar Bintang di Alam Semesta, Matahari Bukan yang Paling Terang

Update

Daftar Bintang di Alam Semesta, Matahari Bukan yang Paling Terang

JAKARTA – Bintang ialah komponen utama galaksi, dan adalah salah satu objek pertama yang terbentuk di alam semesta asal. Bintang merupakan bola bercahaya yang terbuat dari plasma-gas super panas yang diulir dengan medan magnet, dilansir dari Space Facts.

Bintang terdekat dengan Dunia adalah Matahari. Selain matahari, ternyata ada 8 bintang lainnya yang terkenal.

Matahari

Bintang paling terkenal di langit kita yaitu matahari. Matahari adalah bintang macam G yang terbentuk sekitar 4, 6 miliar tahun yang berarakan.

Matahari dapat membentuk nebula planetary, serta pada akhirnya akan menyusut menjadi kerdil putih. Sehingga akan menjelma dingin, tetapi itu akan terjadi selama 10-15 miliar tahun sedang.

Bentuk Centauri α

Sistem Centauri α merupakan kartika ganda yang mengandung bintang sekuens tipe-G mirip dengan Matahari. Mereka akan terlihat terutama dari Potongan Bumi Selatan dan bagian menyesatkan selatan dari Belahan Bumi Utara.

Sirius (α Canis Majoris)

Bintang paling terang pada langit malam dan juga paling terang di konstelasi, Sirius terletak 8, 3 tahun cahaya daripada kita. Sirius digunakan oleh orang-orang kuno sebagai cara untuk menandai perubahan musim dan sebagai tumpuan navigasi untuk perjalanan laut yang panjang.

UY Scuti

UY Scuti merupakan bintang dengan jari-jari terbesar, supergiant merah dengan memiliki ukuran sekitar 1. 708 jari-jari Matahari (sekitar 2, 4 miliar kilometer). UY Scuti adalah bintang variabel, yang berarti kecerahannya bervariasi dari waktu ke zaman.

R136a1

R136a1 ialah bintang paling masif. Bintang berharta dalam gugusan di Nebula Tarantula di Awan Magellan Besar (terlihat dari Belahan Bumi Selatan). R136a1 memiliki 256 kali massa Matahari dan merupakan bagian dari pola biner.

Loading…