Update

Ingin Kirim Pesan WhatsApp Minus Simpan Nomor, Ini Caranya

JAKARTA – WhatsApp tak dipungkiri menjadi penerapan perpesanan paling populer zaman ini di dunia. Permintaan ini bahkan digunakan oleh sekira 2 miliar pemakai.  

Satu diantara syarat mengirim pesan menggunakan WhatsApp, pengguna pun harus menyimpan nomer pengguna asing di daftar kontak. Namun, bagaimana jadinya kalau pengguna tak ingin menyimpan bagian yang tidak dikenal?

Jangan khawatir, ternyata ada solusinya. Anda bisa mengirim pesan melalui aplikasi tanpa harus menyimpan nomernya. Pertama-tama, Anda harus mengetahui betul nomor tersebut juga menggunakan aplikasi WhatsApp.

Kemudian, bukalah browser dan kemudian ketik tautan dengan format https://wa.me/phonenumber. Namun yang pasti, Anda perlu mengganti arah terakhir dengan nomor sempurna, dengan kode negara & wilayah, tetapi tanpa + atau – atau () atau 00.

Misalnya, ketika Anda mau mengobrol dengan nomor 081312345678, Anda dapat membuka URL https://wa.me/6281312345678. Kemudian akan hidup tampilan “lanjutkan ke chat” dan klik. Anda kendati bisa langsung memulai perbincangan dengan nomor tersebut.

Cara ini bisa dipraktekkan melalui ponsel Android maupun iOS. Kemudian ada jalan lain yang lebih elementer dan lebih cepat. Tetapi ini hanya berfungsi pada ponsel Android saja. Caranya cukup mengetikkan nomor tersebut di keypad ponsel beserta kode negara dan keterangan plus di depannya, laksana +6281312345678

Sesudah mengetik nomornya, pilih pada keypad itu sendiri. Setelah itu, Anda mungkin mendapatkan sejumlah opsi terkait apa yang ingin Anda kerjakan dengan teks yang dipilih. Opsi langsung menunjukkan Seruan, Potong, Salin, dan Tempel.

Tetapi kalau Anda menjelajahi lebih tinggi tiga tombol tarik-turun pada bawah opsi yang disebutkan di atas, Anda bakal dapat melihat banyak opsi pesan teks pihak ketiga, yang juga termasuk memakai nomor teks di WhatsApp. Ketuk itu dan Anda dapat mulai mengobrol dalam aplikasi.

Serupa yang disebutkan, trik ini hanya berfungsi di ponsel Android, tepatnya, di OS Android 9 dan pada atasnya untuk saat itu dan hanya pada perangkat stok tertentu seperti ponsel Pixel dan Android.

(nit)