Itu 10 Peristiwa Astronomi Luar Umum Sepanjang Tahun 2020

Update

Itu 10 Peristiwa Astronomi Luar Umum Sepanjang Tahun 2020

JAKARTA berantakan Tahun 2020 segera berakhir dalam beberapa pekan ke depan. Semasa tahun ini, begitu banyak kejadian astronomi , mulai dari penemuan hingga fenomena antariksa.

Beberapa pada antaranya sangat membekas, karena ialah suatu fenomena yang sulit dijelaskan, aneh, dan luar biasa. Bermacam-macam persitiwa astronomi ini memiliki peran besar dalam ilmu pengetahuan mengenai alam semesta. Dilansir dari IFL Science, berikut 10 peristiwa astronomi luar biasa yang terjadi selama tahun 2020:

1. Bintang Betelgeuse yang tak dapat dijelaskan

Peredupan bintang Betelgeuse terjadi tarikh ini. Bintang tersebut keluar dibanding 20 bintang paing terang pada langit malam yang mencapai magnitude paling redup sejak pencatatan dimulai. Belum diketahui alasan penurunan kecerahan yang tak terduga ini.

Baca Juga:   Pernah Tampil di Film James Bond, Teleskop Terbesar di Dunia Ambruk

2. Butiran lebih tua lantaran matahari

Meteorit adalah pecahan asteroid yang terbentuk di awal Tata Surya hampir 5 miliar tahun yang lalu. Namun, para peneliti melalui studinya menemukan butiran dari dua meteorit yang mendahului Tata Surya, salah satunya berusia hingga 7 miliar tahun.

Baca Juga:   Dua Fenomena Astronomi di Pekan Terakhir Agustus 2020

3. Air di Bulan

Para peneliti tahun tersebut akhirnya mengonfirmasi adanya air di Bulan. Ada kira-kira satu kaca air per ton tanah dan sebagian dari air itu barangkali dalam bentuk es.

4. Supernova tercerah

Pada bulan April lalu para peneliti menemukan supernova paling terang, bahkan dua kali lebih terang dari kematian bintang mana pun sebelumnya. Para astronom percaya ini adalah suatu keganjilan dan kebetulan yang luar biasa.