123 Street, NYC, US 0123456789 info@example.com

Update

LAPAN Bangun Observatorium Terbesar Se-Asia Tenggara di Kupang

KEPALA Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan sampai saat ini pembangunan untuk observatorium nasional (obnas) di Gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih terus berlaku.

Kendati begitu, untuk material kubah observatorium, Thomas mengaku memang belum terpasang karena masih terhenti di Kupang akibat kedudukan jalan yang tidak penuh.

Baca juga: LAPAN Kini Jadi Indonesia Space Agency Diintegrasikan dengan BRIN 

“Pemprov NTT sudah memperbaiki beberapa ruas jalan. KemPUPR saat ini sedang menyelesaikan ruas bulevar selebihnya sampai lokasi. Diharapkan sebentar lagi jalan, ” ungkap Thomas pada pesan singkat kepada MNC Portal , Rabu (19/5/2021).

Setelah masalah jalan beres, material kubah segera dikirim ke lokasi untuk kemudian dipasang. Selanjutnya teleskop dikirim dari Jepang dan dipasang di dalam kubah.

Ilustrasi observatorium.

“Semoga semuanya sesuai bahan, ” ucapnya.

Sementara Koordinator Bidang Humas LAPAN Jasyanto menyatakan gedung fasilitas teleskop utama wadah observatorium kini sudah dekat jadi. Pembangunan sudah menyentuh 90 persen.

Baca juga: Barang apa Itu Fenomena Alam Fajar dan Senja Kazib? Itu Penjelasannya 

Hingga saat itu pihaknya sedang mengejar pendirian teleskop serta gedung kemudahan pendukung lainnya. LAPAN, introduksi Jasyanto, akan fokus di pembangunan fasilitas penelitian observatorium nasional seperti teleskop.

“LAPAN khususnya terkait dengan fasilitas penelitian obnasnya teleskop dan lain-lain. Akan tetapi nanti ke depannya tentu juga ada pembangunan untuk fasilitas umum ya, ” jelas dia ketika dihubungi secara terpisah.