Paspor di Dunia Umumnya Menggunakan 4 Warna, Ini Alasannya

Update

Paspor di Dunia Umumnya Menggunakan 4 Warna, Ini Alasannya

PASPOR yang umum digunakan di seluruh negeri selalu menggunakan empat warna yaitu biru, merah, hijau, dan hitam. Banyak asumsi menyebut warna tersebut digunakan karena ada aturan dengan mengatur tentang warna paspor. Tetapi faktanya tidak ada aturan istimewa yang menentukan warna paspor.

Warna biru, abang, dan hijau yang digunakan sebab banyak negara cenderung lebih gelap. Alasannya karena warna itu lebih terkesan resmi. Warna gelap serupa cenderung tidak menunjukkan keausan dan kotoran.

Baca pula: Bukan Tangki Air, Ini Teknologi yang Digunakan di Toilet Pesawat 

Dikutip lantaran Mental Floss , Sabtu (14/11/2020), Organisasi Penerbangan Biasa Internasional (ICAO) mengonfirmasi bahwa tidak ada aturan dalam hal warna sampul paspor. Tetapi terkadang tersedia makna tertentu di balik warna paspor yang digunakan suatu negeri. Misalnya sebagian besar negara Islam menggunakan paspor warna hijau karena itu sangat penting dalam petunjuk mereka.

Dulunya Amerika Serikat pernah menggunakan paspor warna hijau pada tahun 1941 tenggat 1976. Hal ini untuk menunjukkan penghormatan khusus kepada Benjamin Franklin. Ini artinya warna paspor dengan digunakan setiap negara bisa saja berbeda-beda. Hal itu tergantung di dalam sejarah dan budaya negara itu.

Baca pula: Cara Mengatasi YouTube Error pada PC, Android, hingga iOS 

Hal yang istimewa, menurut ICAO, adalah bahan dengan digunakan untuk membuat paspor. Paspor dibuat harus dari bahan yang dapat ditekuk dan tetap bisa dibaca mesin dalam pada suhu yang berkisar dari 14 maka 144 derajat Fahrenheit pada kelembapan udara relatif berkisar 5 hingga 95 persen. Jenis huruf & ukuran juga harus dapat terbaca oleh mesin (MRTD).

(han)