123 Street, NYC, US 0123456789 info@example.com

Update

Perdata Muncul Iklan di Ponsel, Bisa Jadi Adware

PERNAHKAH ada iklan yang tiba-tiba muncul di adang-adang ponsel Anda? Jika pernah, siapa tahu perangkat Anda tersentuh adware yang berbahaya. Tidak hanya di ponsel, adware bisa juga muncul di laptop.

Adware pada dasarnya adalah perangkat lunak yang dapat memunculkan propaganda dan seringkali terpasang dengan tidak sadar. Bahayanya, iklan terebut pancingan agar korbannya mengeklik link yang tersedia. Padahal, link tersebut bisa saja upaya untuk memperoleh akses ke perangkat & data pengguna.

Serupa dikutip dari unggahan akun Instagram Kementerian Komunikasi & Informatika @kemenkominfo, Kamis (17/6/2021), ada beberapa cara agar terhindar dari adware.

Baca serupa: Google Diprediksi Akan Luncurkan Ponsel Layar Lipat Tahun Ini 

1. Jangan mengekliknya

Jangan mengeklik iklan atau link dengan ada pada sebuh situs, khususnya situs ilegal bagaikan judi dan streaming ilegal.

2. Gunakan antivirus

Gunakan antivirus untuk mengecek kondisis perangkat Anda. Kemudian jika cek kembali aplikasi dengan akan dipasang pada set. Baca dengan jelas keterangan dan deskripsi yang terekam.

Membaca juga: Berikut Ponsel Karakter Super Kaya di Negeri, Mulai dari Mark Zuckerberg hingga Elon Musk 

3. Segera hapus jika kena adware

Bila sudah telanjur terkena adware, sebaiknya segera hapus praktik yang mencurigakan dan membuahkan adware. Lalu lakukan factory reset untuk mengembalikan ponsel ke kondisi semula.

(han)