123 Street, NYC, US 0123456789 info@example.com

Update

Perlombaan Semakin Ketat, Begini Akal Jadi Content Creator yang Sukses

PENGGUNAAN platform digital yang tetap bertambah di masa pandemi ini membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjelma kreator dan membagikan susunan atau kontennya di maklumat digital. Salah satu platform digital yaitu TikTok dengan merupakan platform distribusi video singkat menjadi salah satu wadah kreativitas kreator buat saling berbagi dan menginspirasi. Potensi content creator jadi pekerjaan profesional juga mulai menarik perhatian pengguna platform digital.

Meningkatnya penggunaan platform digital itu tercermin pada data We Are Social 2021, pada mana tercatat pengguna baik media di Indonesia bertambah 6, 3 persen jika dibandingkan dengan Januari 2020 dan setidaknya lebih dibanding 90 persen secara rajin terhubung dan memberikan sokongan di sosial media dan platform digital.

“Belajar dan bekerja dari sendi membuat kegiatan offline harus shifting ke kegiatan online yang akhirnya menghadirkan gaya dalam pembuatan konten termasuk video singkat. Hal ini juga menjadi salah kepala faktor hadirnya kreator-kreator pertama di dunia digital, ” kata Joeden, Head of Partnership and Development StarHits, Multi-Channel Network, anak perusahaan MNC Studios International Tbk (MSIN).

“Kreator dan kategori konten dengan beragam juga membuat brand memiliki lebih banyak variasi dalam berkolaborasi dengan bapak untuk mengamplifikasikan strategi pemasarannya di platform digital, ” lanjut Jeoden dalam bicara virtual ‘TikTok sebagai Maklumat untuk Berkarier secara Profesional bagi Kreator’, Kamis 17 Juni 2021. Di kesibukan ini para pembicara berbagi insight mengenai dunia kreator serta potensi kreator di mengembangkan karier sebagai pencipta profesional.

Content creator. (Foto: StarHits dan TikTok)

Joeden juga memaparkan kemunculan kreator-kreator baru ini membuat persaingan semakin ketat, oleh karena tersebut kreator dituntut untuk menciptakan kreativitas baru, konten yang orisinil dan konsistensi di konten yang disajikan. Kreativitas baru ini mengubah tren konten yang sebelumnya bertambah banyak fokus pada entertaining content dan menggunakan ukuran video panjang menjadi konten yang informatif seperti tips dan tutorial dalam format video pendek. Tetapi walaupun persaingan cukup ketat, para-para kreator juga cenderung lebih senang untuk saling berangkulan dan mendukung kontennya utama sama lain.

TikTok sebagai platform inklusif yang menyediakan platform untuk siapa pun untuk mengutarakan kreativitasnya juga melihat daya yang dapat ditingkatkan sebab kreator untuk meningkatkan kualitas konten yang semakin bermanfaat dan semakin kreatif sehingga dapat lebih terhubung secara komunitas TikTok. Pengembangan potensi kreator ini menjadi lengah satu fokus program TikTok #SamaSamaBelajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan dan kanal yang sama kepada pada setiap orang untuk belajar serta menginspirasi hal-hal baru.

Upaya pengembangan potensi bagi kreator ini diwujudkan dalam bentuk TikTok Class, sebuah pelatihan bagi sapa pun yang ingin menyusun konten kreatif dan edukatif di TikTok. Selain tersebut, untuk menumbuhkan semangat berbagi konten yang inspiratif & juga berkualitas pada tingkatan muda, TikTok juga menghadirkan TikTok University Week yang akan dilaksanakan segera pada 8 kota di Indonesia dengan menghadirkan top bapak edukasi TikTok sebagai salah satu pembicara untuk saling berbagi inspirasi dan tips di dalam membuat konten edukasi dengan menarik dan kreatif.

“Konsistensi dalam membagikan konten dan mempertahankan karakter khas konten menjadi satu diantara unsur penting yang perlu diperhatikan kreator di TikTok. Kami juga mendorong kreator untuk meningkatkan kualitas kontennya sehingga dapat memberikan inspirasi dan dampak positif yang lebih luas dan gembung bagi pengguna lain, ” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia, “Oleh karena itu, kami berharap program pelatihan TikTok Class dan TikTok University Week yang diperuntukkan untuk kreator ini dapat memberikan manfaat bagi pencipta yang ingin meningkatkan skill dan menjadi kreator ahli. “

Agenda #SamaSamaBelajar adalah program dengan fokus untuk menghadirkan konten edukasi di platform digital di tahun 2020. Sesudah mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat, program tersebut kembali dilanjutkan di tahun 2021 dan didukung sebab Kemendikbudristek untuk memberikan kanal dan kesempatan yang serupa kepada siapa pun buat belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi di TikTok. Konten-konten edukasi lainnya dapat dipandang pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini sudah menempati top konten dalam TikTok, dengan total views lebih dari 67 Miliar.

(han)