Teknologi Tangan Bionic Bantu Aktivitas Penyandang Disabilitas

Update

Teknologi Tangan Bionic Bantu Aktivitas Penyandang Disabilitas

LONDON kepala Perusahaan Open Bionics membuat lengah bionik untuk membantu para disabilitas yang tidak memiliki tangan, khusunya bagian pergelangan dan jari-jari, dikutip Sindonews .

Tangan bionik ini dapat digerakkan melalui otot-otot tangan layaknya tangan manusia pada biasanya. Tampilannya yang trendi dan nyaman digunakan juga menambah rasa percaya diri penggunanya.

Para sarjana telah melakukan berbagai penelitian untuk membantu mereka-mereka yang tidak memiliki anggota tubuh lengkap atau disabilitas. Para penyandang disabilitas juga sering mendapat bantuan untuk mendapatkan bagian tubuh sesuai kebutuhan mereka, namun itu kurang sempurna karena tak dapat bergerak seperti anggota awak pada umumnya.

Melihat banyaknya keluhan tersebut, kongsi berbasis di Inggris Open Bionics membuat robot tangan yang bisa bergerak seperti tangan sungguhan. Robot ini dijuluki Hero Arm ataupun tangan pahlawan.

Megutip dari laman Open Bionics, Hero Arm merupakan lengah bionik cetakan 3D yang dikendalikan oleh otot dan bersertifikat medis pertama kali di dunia. Hero Arm memiliki fungsionalitas multigrip serta estetika yang lebih disukai oleh penggunanya, ditambah dengan bentuk serasi dengan keinginan.

Direkayasa dan di produksi dalam Bristol, Inggris, Hero Arm ialah prostesis mioelektrik yang ringan. Produk ini sudah tersedia di kaum negara seperti Amerika Serikat (AS), Inggris dan Prancis.

Produk buatan Open Bionics ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak yang tidak memiliki tangan dibawah siku. Berarti tidak seluruh bagian tangan sejak pundak, melainkan untuk mengganti penggelangan tangan dan jari-jari.

Setiap Hero Arm dibuat khusus menggunakan teknologi pencetakan serta pemindaian 3D. Prostesis kuat serta soket yang nyaman membuatnya mudah-mudahan disesuikan dengan penggunanya.

(ahl)