123 Street, NYC, US 0123456789 info@example.com

Update

Terkait Kebocoran Data 279 Juta WNI, Kominfo Akan Blokir Raid Forums dan Akun Kotz

Sebagai perkembangan terbaru sejak kasus kebocoran data pemakai BPJS Kesehatan, Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo, mengaku pihaknya telah menyelenggarakan langkah antisipasi agar sirkulasi data pribadi tak lebih luas.

Kominfo telah mengidentifikasi Raid Forums sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang mengenai perundang-undangan di Indonesia. Secara begitu, website tersebut, tercatat akun bernama Kotz, pantas dilakukan proses pemblokiran.

Kemudian, tautan untuk mengunduh data awak, yakni bayfiles. com, mega. nz, dan anonfiles. com, semuanya telah dilakukan pemblokiran.

Jubir Kominfo

Kominfo mengklaim telah mengidentifikasi jumlah data yang lebih besar dan memperluas investigasi, terhadap sekira 1 juta data yang diklaim sebagai data sampel oleh penjual.

Menyuarakan Juga: 279 Juta Bukti WNI Bocor, Bareskrim Panggil Dirut BPJS Kesehatan Senin Besok

Lantaran hasil investigasi secara sewenang-wenang terhadap sekitar 1 juta data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kominfo dan BSSN perlu melakukan investigasi bertambah mendalam bersama dengan BPJS Kesehatan.

“Sesuai dengan amanat PP 71 tahun 2019, Kominfo telah melakukan pemanggilan terhadap Pengurus BPJS Kesehatan sebagai pengelola data pribadi yang diduga bocor, ” kata Dedy, dalam keterangannya, Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga: BPJS Kesehatan Buka Suara soal 279 Juta Bahan Penduduk Bocor

Dari hasil pertemuan itu, BPJS mengaku akan mengesahkan dan menguji ulang masukan pribadi yang diduga merembes. Investigasi yang dilakukan oleh tim internal BPJS serupa akan selalu dikoordinasikan dengan Kominfo dan BSSN.

Terakhir, langkah-langkah perlindungan data juga akan dilakukan oleh BPJS untuk memitigasi risiko kebocoran data karakter yang lebih luas.

(hel)