123 Street, NYC, US 0123456789 info@example.com

Update

Upaya Menkes Optimalkan Digitalisasi Penyajian Kesehatan di Tengah Pandemi

DALAM kerangka digitalisasi pelayanan kesehatan pada tengah pandemi Covid-19, Nusantara menghadapi beragam tantangan. Terlebih, kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat setiap harinya.

Banyaknya jumlah aplikasi layanan kesehatan yang belum terintegrasi membuat ketidakefisienan. Seperti layanan telemedicine, rekam medis elektronik, dan resep elektronik.

  Menkes Budi Gunadi

Namun, Menteri Kesehatan (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin telah menyusun program prioritas fokus digitalisasi kesehatan, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya digitalisasi kesehatan.

“Berdasarkan kebutuhan transformasi digital kesehatan tubuh di Indonesia, Kemenkes telah menyusun 3 program pengutamaan fokus digitalisasi kesehatan, ” ujar Menkes dalam webinar Sinergi Ditengah Pandemi, Akselerasi Digital di Semua Bidang kemarin.

Adapun program prioritas yang difokuskan untuk digitalisasi kesehatan yakni Integrasi dan Pengembangan Bentuk Data Kesehatan, Integrasi dan Pengembangan Sistem Aplikasi Layanan Kesehatan, serta Penguatan Ekosistem Teknologi Kesehatan.

Nantinya, ketiga program preferensi tersebut akan dirincikan lagi menjadi delapan sub kalender. Di antaranya Sistem Data Kesehatan Nasional, Integrasi Sistem Data Kesehatan, Pembangunan Pola Analisa Big Data Kesehatan, Aplikasi Kesehatan Terintegrasi, Penyatuan Proses Bisnis dan Peningkatan SDM, Helpdesk Aplikasi Kesehatan, Perluasan Teknologi Telemedicine, Regulasi dan Implementasi Regulatory dengan prioritas produk berbasis teknologi kesehatan.

Kemudian, Menkes berharap agar kalender tersebut dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam menghadapi pandemi Covid-19. Namun, hal itu memerlukan peran dan sinergi dari berbagai stakeholder cara ditingkat pusat, daerah, dan masyarakat.

“Diperlukan peran dan sinergi dibanding berbagai stakeholder baik ditingkat pusat, daerah, dan umum, juga dari berbagai sektor untuk dapat memastikan akselerasi teknologi dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam menghadapi pandemi Covid-19, ” tukasnya.

(DRM)